PUSKESMAS PEDESAAN, PELAYANAN PERKOTAAN

Puskesmas Karanggayam adalah unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di satu atau sebagian wilayah kecamatan. Sebagai unit pelaksana teknis, puskesmas melakukan sebagian tugas Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan no 128 Tahun 2004, puskesmas mempunyai keududukan yang sangat penting dalam sistem kesehatan nasional dan regional. Puskesmas mempunyai beberapa fungsi antara lain: A. Puskesmas berfungsi sebagai pusat penggerak pembangunan berwawasan kesehatan. Dalam hal ini puskesmas berupaya menggerakkan lintas sektor dan dunia usaha di wilayah kerjanya agar menyelenggarakan pembangunan berwawasan kesehatan. Puskesmas harus aktif memantau dan melaporkan dampak kesehatan dari penyelenggaraan setiap program pembangunan di wilayah kerjanya serta mengutamakan pemeliharaan kesehatan dan pencegahan penyakit tanpa mengabaikan penyembuhan dan pemulihan. B. Puskesmas berfungsi sebagai pusat pemberdayaan masyarakat. Dalam hal ini puskesmas berupaya agar masyarakat secara perorangan memiliki kesadaran, kemauan dan kemampuan melayani diri sendiri dan masyarakat untuk hidup sehat, berperan aktif dalam memperjuangkan kepentingan kesehatan termasuk pembiayaan serta ikut menetapkan, menyelenggarakan dan memantau pelaksanaan program kesehatan. C. Puskesmas berfungsi sebagai pelayan kesehatan pada strata pertama. Dalam hal ini puskesmas menyelenggarakan pelayanan kesehatan tingkat pertama secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan dalam bentuk pelayanan kesehatan perorangan dan masyarakat. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan nomor 741 / Menkes / PER / VII / 2008 tentang standar pelayanan minimal bidang kesehatan di kabupaten / kota, telah ditetapkan indikator kinerja dan target pembangunankesehatan tahun 2010-2015 yang mencakup pelayanan kesehatan dasar, pelayanan kesehatan rujukan, penyelidikan epidemiologi dan penanggulangan kejadia luar biasa serta promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat. GAMBARAN UMUM PUSKESMAS DESKRIPSI UMUM Pusat Kesehatan Masyarakat atau biasa disebut Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif untuk mencapai derajat yang setinggi-tinggimya di wilayah kerjanya. Puskesmas Karanggayam I merupakan salah satu Puskesmas di Kabupaten Kebumen sebagai Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Kesehatan dan secara operasional dikoordinasikan oleh camat dalam melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya dalam rangka mendukung terwujudnya kecamatan sehat. Kedudukan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dalam Sistem Kesehatan Nasional adalah sebagai sarana pelayanan kesehatan tingkat pertama yang bertanggungjawab menyelenggarakan Upaya Kesehatan Masyarakat tingkat pertama dan Upaya Kesehatan Perorangan tingkat pertama yang dilaksanakan terintegrasi dan berkesinambungan, oleh karena itu Puskesmas mempunyai 2 fungsi, yaitu : - Penyelenggaraan Upaya Kesehatan Masyarakat tingkat pertama di wilayah kerjanya. - Penyelenggaraan Upaya Kesehatan Perorangan tingkat pertama di wilayah kerjanya. Struktur organisasi UPTD Unit Puskesmas Karanggayam I disusun berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 144 Tahun 2011 Tentang SOTK pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen Secara umum, tugas pokok dan fungsi UPTD Unit Puskesmas Karanggayam I Kabupaten Kebumen dijabarkan dalam Lembaran Daerah Kabupaten Kebumen Nomor :31 tahun 2004 Seri : D Nomor :4,Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen Nomor : 20 tahun 2004 tentang pembentukan organisasi dan tata kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen Bab V Pasal 29,30,31,32,33,34 dan 35.Pasal 29 menyatakan bahwa Unit Pelaksana Teknis Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) mempunyai kedudukan sebagai unsur pelaksana teknis operasional sebagian tugas Dinas Kesehatan,Unit Pelaksana Teknis Pusat Kesehatan dipimpin oleh seorang Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas dan secara operasional dikoordinasikan oleh Camat Upaya kesehatan di UPTD Unit Puskesmas Karanggayam I Kabupaten Kebumen telah dilakukan yang meliputi Upaya Kesehatan Wajib dan Upaya Kesehatan Pengembangan. DATA WILAYAH Luas wilayah kerja UPTD Unit Puskesmas Karanggayam I adalah 2.194,88 ha atau 60 Km², terletak antara 7 ° ’ 83 ° LS dan 109 ° 48 ’ 17,3 ° BT dengan ketinggian 25 m dari permukaan air laut. Adapun batas-batas wilayah sebagi berikut: Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara, sebelah selatan berbatasan dengan kecamatan Karanganyar, sebelah barat berbatasan dengan kecamatan Sempor dan sebelah timur berbatasan dengan kecamatan Sruweng. Wilayah kerja UPTD Unit Puskesmas Karanggayam I terbagi dalam wilayah kerja binaan sejumlah 11 ( sebelas ) desa yang rebagi menjadi 41 (empat puluh satu) dusun, 38 ( tiga puluh delapan ) Rukun Warga, dan 140 (seratus empat puluh) Rumah Tangga. Adapun desa binaan UPTD Unit Puskesmas Karanggayam I adalah: 1. 2. 3. 4. 5. 6. Desa Karanggayam Desa Karangmaja Desa Karangtengah Desa Kajoran Desa Kalirejo Desa Ginandong 7. 8. 9. 10. 11. Desa Binangun Desa Penimbun Desa Selogiri Desa Gunungsari Desa Glontor DATA PENDUDUK Berdasarkan data dasar Kecamatan Karanggayam Tahun 2016, secara rinci jumlah penduduk di masing-masing desa binaan UPTD Unit Puskesmas Karanggayam I adalah sebagai berikut: DESA LUAS WILAYAH ( km² ) JUMLAH PENDUDUK PRIA WANITA KEPADATAN (JIWA/KM) 1. Desa Karanggayam 2. Desa Kajoran 3. Desa Karangtengah 4. Desa Karangmaja 5. Desa Penimbun 6. Desa Kalirejo 7. Desa Gunungsari 8. Desa Ginandong 9. Desa Binangun 10. Desa Glontor 11. Desa Selogiri 8,29 8,20 1,69 3,50 3,16 4,58 5,26 4,85 4,36 4,88 10,82 6.064 6.160 1.044 1.716 2.455 4.771 4.245 2.676 1.498 4.542 5.696 3.156 2.050 464 870 1.236 2.794 2.112 1.363 803 2.443 2.836 2.908 4.110 580 846 1.219 1.977 2.133 1.313 695 2.099 2.860 731,36 750,61 617,75 487,43 776,90 1055,46 806,84 556,91 339,91 916,39 523,84 Jumlah 59,9 40.867 20.127 20.740 685 Jumlah penduduk wilayah kerja UPTD Unit Puskesmas Karanggayam I tahun 2016 ada 40.867 jiwa dengan Komposisi penduduk terdiri dari usia 0-4 tahun 9%, usia 5-9 tahun 10%, usia 10-14 tahun 11%, usia 15-19 tahun 9%, usia 20-24 tahun 8%, usia 25-29%, usia 30-34 tahun 8%, usia 35-39 tahun 7%, usia 40-44 tahun 7%, usia 45-49 tahun 6%, usia 50-54 tahun 5%, usia 55-59 tahun 4% dan usia 60 tahun lebih sebanyak 9% . Sedangkan data tentang tingkat pendidikan, di wilayah kerja puskesmas Karanggayam I, pendidikan setingkat SD/ MI: 80%, SMP/ MTs: 11%, SMA/SMK/MA: 8%, serta dengan tingkat pendidikan AK/Diploma/S1: 1% Kegiatan manajemen puskesmas NO JENIS VARIABEL SKALA 1 SKALA 2 SKALA 3 NILAI HASIL NILAI = 4 NILAI = 7 NILAI = 10 I MANAJEMEN OPERASIONAL PUSKESMAS 1 Membuat data pencapaian /cakupan kegiatan pokok tahun lalu Sebagian < 50 % Sebagian 50%-80% Semuanya 100% 10 2 Menyusun RUK melalui analisa dan perumusan masalah berdasarkan prioritas Ya,beberapa ada ada analisa perumusan Ya,sebagian ada analisa perumusan Ya,seluruhnya ada ada analisa perumusan 10 3 Menyusun RPK secara terinci dan lengkap Ya,terinci sebagian kecil Ya,terinci sebagian besar Ya,terinci semuanya 10 4 Melaksanakan Mini lokakarya bulanan <5 kali/tahun 5-8 kali/tahun 9-12 kali/tahun 10 5 Melaksanakan Mini lokakarya tribulanan(lintas sektor) <2 kali/tahun 2-3 kali/tahun 4 kali/tahun 10 6 Membuat dan mengirimkan laporan bulanan ke kabupaten/Kota tepat waktu <6 kali 6-8 kali/tahun 9-12 kali/tahun 10 7 Membuat data 10 penyakit terbanyak setiap bulan <6 kali/tahun 6-8 kali/tahun 9-12 kali/tahun 10 II MANAJEMEN ALAT DAN OBAT 1 Membuat kartu inventaris dan menempatkan di masing-masing ruangan < 60 % ruang 61-80 % ruang 81-100 %ruang 10 2 Melaksanakan up dating daftar inventaris alat < 3 kali/tahun 4-6 kali/tahun tiap bulan 3 Mencatat penerimaan dan pengeluaran obat Ya,beberapa unit Ya,sebagian besar Ya,seluruhnya 10 di setiap jenis obat/bahan di gudang obat secara rutin 4 Membuat kartu stok untuk setiap jenis Ya,beberapa item obat Ya,sebagian besar item obat Ya,seluruh item obat 10 obat/bahan di gudang obat secara rutin 5 Menerapkan FIFO dan FEFO Ya,beberapa item obat Ya,sebagian besar item obat Ya,seluruh item obat 10 III MANAJEMEN KEUANGAN 1 Membuat catatan bulanan uang masuk-keluar dalam buku kas Ya,tidak tentu Ya,setiap tiga bulan Ya,setiap bulan 10 2 Kepala Puskesmas melakukan pemeriksaan keuangan secara berkala Ya,tidak tentu Ya,setiap tiga bulan Ya,setiap bulan 10 IV MANAJEMEN KETENAGAAN 1 Membuat daftar/catatan kepegawaian petugas Ada,beberapa pegawai Ada,sebagian besar pegawai Ada,semua pegawai 10 2 Membuat uraian tugas dan tanggungjawab setiap petugas Ada,beberapa petugas Ada,sebagian besar petugas Ada,seluruh petugas 10 3 Membuat rencana kerja bulanan bagi setiap petugas sesuai dengan Ada,beberapa petugas Ada,sebagian besar petugas Ada,seluruh petugas 7 tugas, wewenang dan tanggung jawab 4 Membuat penilaian DP3 tepat waktu Ada,beberapa petugas Ada,sebagian besar petugas Ada,seluruh petugas 10 JUMLAH 167 DATA SUMBER DAYA Tenaga kesehatan dan non kesehatan yang ada di Puskesmas Karanggayam 1 adalah: NO JABATAN JUMLAH KETERANGAN 1 Dokter Umum 1 THL 2 Dokter Gigi 1 Sesuai kebutuhan 3 Perawat 8 7 PNS + 1 THL + 1 Magang 4 Perawat Gigi 1 Merangkap bendahara BLUD 5 Bidan 20 7 PNS + 9 CPNS + 2 THL + 2 Magang 6 Nutrisionis 1 Merangkap Bendahara BOK 7 Sanitarian 1 D-IV Kesehatan Lingkungan 8 Epidemiolog Kesehatan 0 Dirangkap oleh Kasubbag TU 9 Promosi Kesehatan 2 1 PNS + 1 THL 10 Pranata Laboratorium 1 Sesuai Kebutuhan 11 Asisten Apoteker 1 Sesuai Kebutuhan 12 Kepala Puskesmas 1 Sesuai kebutuhan 13 Kasubbag Tata Usaha 1 Sesuai kebutuhan 14 Staf Tata Usaha 3 2 PNS + 1 THL 15 Sopir 1 Sesuai kebutuhan 16 Pendaftaran dan rekam medik 2 Bukan tenaga D-III RM 17 Petugas Kebersihan 2 THL SARANA DAN PRASARANA NO NAMA RUANGAN KETERANGAN 1 Ruang Tunggu Ada 2 Ruang Pendaftaran dan Kasir Ada 3 Ruang Rekam Medik Ada 4 Ruangan Lansia Ada 5 Ruangan Pemeriksaan Umum Ada 6 Ruangan IGD Ada 7 Ruangan Bersalin Ada 8 Ruangan Pemeriksaan Gigi Ada 9 Ruang Farmasi Ada 10 Ruangan MTBS Ada 11 Ruangan KIA/KB dan IVA Ada 12 Laboratorium Ada 13 Klinik TB dan Kusta Ada 14 Klinik Gizi Ada 15 Klinik Promkes Ada 16 Klinik KT HIV Ada 17 Klinik Sanitasi Ada 18 Ruangan Imunisasi Ada 19 Ruangan Akreditasi Ada 20 Ruang Kasubbag Tata Usaha Ada 21 Ruang Kepala Puskesmas Ada 22 Ruang Administrasi Ada 23 Ruang Aula Ada 24 Gudang Farmasi Ada 25 Gudang Umum Ada 26 Dapur Ada 27 Kamar mandi / WC Pasien Ada 28 Kamar Mandi / WC Karyawan Ada 29 Ruang Parkir Ada 30 Garasi Kendaraan Roda 4 Ada VISI, MISI, TUJUAN DAN TATA NILAI PUSKESMAS VISI Visi Puskesmas Karanggayam I Menjadi pusat pelayanan kesehatan dasar yang bermutu, maju serta berorientasi kepada pelanggan dalam segala aspek pelayanan MISI Dalam upaya mencapai visi Puskesmas Karanggayam 1 perlu menyusun misi yang terdiri dari: 1. Menyelenggarakan pelayanan kesehatan paripurna dan bermutu 2. Meningkatkan profesionalisme sumberdaya manusia dalam pelaksanaan kesehatan 3. Meningkatkan pembinaan peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan sehingga masyarakat bisa mandiri. 4. Menjalin kemitraan dengan semua pihak yang terkait dalam pelayanan kesehatan dan menjadikan puskesmas sebagai pusat pengembangan kesehatan masyarakat. TUJUAN Tujuan utama Puskesmas Karanggayam I yaitu Meningkatkan kesadaran,kemauan dan kemampuan hidup serta memberikan pelayanan kesehatan prima bagi masyarakat TATA NILAI Tata nilai Puskesmas Karanggayam I adalah : Cekatan : Memberikan pelayanan dengan cepat dan tidak menunda Ikhlas : Memberikan pelayanan dengan se tulus hati Nyaman : Memberikan rasa nyaman kepada pasien Tepat : Pelayanan dilakukan sesuai standar yang ada Aman : Pelayanan yang diberikan tidak membahayakan pasien dan petugas

Komentar