
Puskesmas Karanggayam adalah unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di satu atau sebagian wilayah kecamatan. Sebagai unit pelaksana teknis, puskesmas melakukan sebagian tugas Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan no 128 Tahun 2004, puskesmas mempunyai keududukan yang sangat penting dalam sistem kesehatan nasional dan regional. Puskesmas mempunyai beberapa fungsi antara lain:
A. Puskesmas berfungsi sebagai pusat penggerak pembangunan berwawasan kesehatan. Dalam hal ini puskesmas berupaya menggerakkan lintas sektor dan dunia usaha di wilayah kerjanya agar menyelenggarakan pembangunan berwawasan kesehatan. Puskesmas harus aktif memantau dan melaporkan dampak kesehatan dari penyelenggaraan setiap program pembangunan di wilayah kerjanya serta mengutamakan pemeliharaan kesehatan dan pencegahan penyakit tanpa mengabaikan penyembuhan dan pemulihan.
B. Puskesmas berfungsi sebagai pusat pemberdayaan masyarakat. Dalam hal ini puskesmas berupaya agar masyarakat secara perorangan memiliki kesadaran, kemauan dan kemampuan melayani diri sendiri dan masyarakat untuk hidup sehat, berperan aktif dalam memperjuangkan kepentingan kesehatan termasuk pembiayaan serta ikut menetapkan, menyelenggarakan dan memantau pelaksanaan program kesehatan.
C. Puskesmas berfungsi sebagai pelayan kesehatan pada strata pertama. Dalam hal ini puskesmas menyelenggarakan pelayanan kesehatan tingkat pertama secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan dalam bentuk pelayanan kesehatan perorangan dan masyarakat.
Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan nomor 741 / Menkes / PER / VII / 2008 tentang standar pelayanan minimal bidang kesehatan di kabupaten / kota, telah ditetapkan indikator kinerja dan target pembangunankesehatan tahun 2010-2015 yang mencakup pelayanan kesehatan dasar, pelayanan kesehatan rujukan, penyelidikan epidemiologi dan penanggulangan kejadia luar biasa serta promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat.
GAMBARAN UMUM PUSKESMAS
DESKRIPSI UMUM
Pusat Kesehatan Masyarakat atau biasa disebut Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif untuk mencapai derajat yang setinggi-tinggimya di wilayah kerjanya. Puskesmas Karanggayam I merupakan salah satu Puskesmas di Kabupaten Kebumen sebagai Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Kesehatan dan secara operasional dikoordinasikan oleh camat dalam melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya dalam rangka mendukung terwujudnya kecamatan sehat. Kedudukan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dalam Sistem Kesehatan Nasional adalah sebagai sarana pelayanan kesehatan tingkat pertama yang bertanggungjawab menyelenggarakan Upaya Kesehatan Masyarakat tingkat pertama dan Upaya Kesehatan Perorangan tingkat pertama yang dilaksanakan terintegrasi dan berkesinambungan, oleh karena itu Puskesmas mempunyai 2 fungsi, yaitu :
- Penyelenggaraan Upaya Kesehatan Masyarakat tingkat pertama di wilayah kerjanya.
- Penyelenggaraan Upaya Kesehatan Perorangan tingkat pertama di wilayah kerjanya.
Struktur organisasi UPTD Unit Puskesmas Karanggayam I disusun berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 144 Tahun 2011 Tentang SOTK pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen
Secara umum, tugas pokok dan fungsi UPTD Unit Puskesmas Karanggayam I Kabupaten Kebumen dijabarkan dalam Lembaran Daerah Kabupaten Kebumen Nomor :31 tahun 2004 Seri : D Nomor :4,Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen Nomor : 20 tahun 2004 tentang pembentukan organisasi dan tata kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen Bab V Pasal 29,30,31,32,33,34 dan 35.Pasal 29 menyatakan bahwa Unit Pelaksana Teknis Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) mempunyai kedudukan sebagai unsur pelaksana teknis operasional sebagian tugas Dinas Kesehatan,Unit Pelaksana Teknis Pusat Kesehatan dipimpin oleh seorang Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas dan secara operasional dikoordinasikan oleh Camat
Upaya kesehatan di UPTD Unit Puskesmas Karanggayam I Kabupaten Kebumen telah dilakukan yang meliputi Upaya Kesehatan Wajib dan Upaya Kesehatan Pengembangan.
DATA WILAYAH
Luas wilayah kerja UPTD Unit Puskesmas Karanggayam I adalah 2.194,88 ha atau 60 Km², terletak antara 7 ° ’ 83 ° LS dan 109 ° 48 ’ 17,3 ° BT dengan ketinggian 25 m dari permukaan air laut. Adapun batas-batas wilayah sebagi berikut: Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara, sebelah selatan berbatasan dengan kecamatan Karanganyar, sebelah barat berbatasan dengan kecamatan Sempor dan sebelah timur berbatasan dengan kecamatan Sruweng.
Wilayah kerja UPTD Unit Puskesmas Karanggayam I terbagi dalam wilayah kerja binaan sejumlah 11 ( sebelas ) desa yang rebagi menjadi 41 (empat puluh satu) dusun, 38 ( tiga puluh delapan ) Rukun Warga, dan 140 (seratus empat puluh) Rumah Tangga. Adapun desa binaan UPTD Unit Puskesmas Karanggayam I adalah:
1.
2.
3.
4.
5.
6. Desa Karanggayam
Desa Karangmaja
Desa Karangtengah
Desa Kajoran
Desa Kalirejo
Desa Ginandong 7.
8.
9.
10.
11. Desa Binangun
Desa Penimbun
Desa Selogiri
Desa Gunungsari
Desa Glontor
DATA PENDUDUK
Berdasarkan data dasar Kecamatan Karanggayam Tahun 2016, secara rinci jumlah penduduk di masing-masing desa binaan UPTD Unit Puskesmas Karanggayam I adalah sebagai berikut:
DESA LUAS
WILAYAH
( km² ) JUMLAH PENDUDUK PRIA WANITA KEPADATAN (JIWA/KM)
1. Desa Karanggayam 2. Desa Kajoran
3. Desa Karangtengah
4. Desa Karangmaja
5. Desa Penimbun
6. Desa Kalirejo
7. Desa Gunungsari
8. Desa Ginandong
9. Desa Binangun
10. Desa Glontor
11. Desa Selogiri 8,29
8,20
1,69
3,50
3,16
4,58
5,26
4,85
4,36
4,88
10,82 6.064
6.160
1.044
1.716
2.455
4.771
4.245
2.676
1.498
4.542
5.696 3.156
2.050
464
870
1.236
2.794
2.112
1.363
803
2.443
2.836 2.908
4.110
580
846
1.219
1.977
2.133
1.313
695
2.099
2.860 731,36
750,61
617,75
487,43
776,90
1055,46
806,84
556,91
339,91
916,39
523,84
Jumlah 59,9 40.867 20.127 20.740 685
Jumlah penduduk wilayah kerja UPTD Unit Puskesmas Karanggayam I tahun 2016 ada 40.867 jiwa dengan Komposisi penduduk terdiri dari usia 0-4 tahun 9%, usia 5-9 tahun 10%, usia 10-14 tahun 11%, usia 15-19 tahun 9%, usia 20-24 tahun 8%, usia 25-29%, usia 30-34 tahun 8%, usia 35-39 tahun 7%, usia 40-44 tahun 7%, usia 45-49 tahun 6%, usia 50-54 tahun 5%, usia 55-59 tahun 4% dan usia 60 tahun lebih sebanyak 9% . Sedangkan data tentang tingkat pendidikan, di wilayah kerja puskesmas Karanggayam I, pendidikan setingkat SD/ MI: 80%, SMP/ MTs: 11%, SMA/SMK/MA: 8%, serta dengan tingkat pendidikan AK/Diploma/S1: 1%
Kegiatan manajemen puskesmas
NO JENIS VARIABEL SKALA 1 SKALA 2 SKALA 3 NILAI HASIL
NILAI = 4 NILAI = 7 NILAI = 10
I MANAJEMEN OPERASIONAL PUSKESMAS
1 Membuat data pencapaian /cakupan kegiatan pokok tahun lalu Sebagian < 50 % Sebagian 50%-80% Semuanya 100% 10
2 Menyusun RUK melalui analisa dan perumusan masalah berdasarkan prioritas Ya,beberapa ada ada analisa perumusan Ya,sebagian ada analisa perumusan Ya,seluruhnya ada ada analisa perumusan 10
3 Menyusun RPK secara terinci dan lengkap Ya,terinci sebagian kecil Ya,terinci sebagian besar Ya,terinci semuanya 10
4 Melaksanakan Mini lokakarya bulanan <5 kali/tahun 5-8 kali/tahun 9-12 kali/tahun 10
5 Melaksanakan Mini lokakarya tribulanan(lintas sektor) <2 kali/tahun 2-3 kali/tahun 4 kali/tahun 10
6 Membuat dan mengirimkan laporan bulanan ke kabupaten/Kota tepat waktu <6 kali 6-8 kali/tahun 9-12 kali/tahun 10
7 Membuat data 10 penyakit terbanyak setiap bulan <6 kali/tahun 6-8 kali/tahun 9-12 kali/tahun 10
II MANAJEMEN ALAT DAN OBAT
1 Membuat kartu inventaris dan menempatkan di masing-masing ruangan < 60 % ruang 61-80 % ruang 81-100 %ruang 10
2 Melaksanakan up dating daftar inventaris alat < 3 kali/tahun 4-6 kali/tahun tiap bulan
3 Mencatat penerimaan dan pengeluaran obat Ya,beberapa unit Ya,sebagian besar Ya,seluruhnya 10
di setiap jenis obat/bahan di gudang obat secara rutin
4 Membuat kartu stok untuk setiap jenis Ya,beberapa item obat Ya,sebagian besar item obat Ya,seluruh item obat 10
obat/bahan di gudang obat secara rutin
5 Menerapkan FIFO dan FEFO Ya,beberapa item obat Ya,sebagian besar item obat Ya,seluruh item obat 10
III MANAJEMEN KEUANGAN
1 Membuat catatan bulanan uang masuk-keluar dalam buku kas Ya,tidak tentu Ya,setiap tiga bulan Ya,setiap bulan 10
2 Kepala Puskesmas melakukan pemeriksaan keuangan secara berkala Ya,tidak tentu Ya,setiap tiga bulan Ya,setiap bulan 10
IV MANAJEMEN KETENAGAAN
1 Membuat daftar/catatan kepegawaian petugas Ada,beberapa pegawai Ada,sebagian besar pegawai Ada,semua pegawai 10
2 Membuat uraian tugas dan tanggungjawab setiap petugas Ada,beberapa petugas Ada,sebagian besar petugas Ada,seluruh petugas 10
3 Membuat rencana kerja bulanan bagi setiap petugas sesuai dengan Ada,beberapa petugas Ada,sebagian besar petugas Ada,seluruh petugas 7
tugas, wewenang dan tanggung jawab
4 Membuat penilaian DP3 tepat waktu Ada,beberapa petugas Ada,sebagian besar petugas Ada,seluruh petugas 10
JUMLAH 167
DATA SUMBER DAYA
Tenaga kesehatan dan non kesehatan yang ada di Puskesmas Karanggayam 1 adalah:
NO JABATAN JUMLAH KETERANGAN
1 Dokter Umum 1 THL
2 Dokter Gigi 1 Sesuai kebutuhan
3 Perawat 8 7 PNS + 1 THL + 1 Magang
4 Perawat Gigi 1 Merangkap bendahara BLUD
5 Bidan 20 7 PNS + 9 CPNS + 2 THL + 2 Magang
6 Nutrisionis 1 Merangkap Bendahara BOK
7 Sanitarian 1 D-IV Kesehatan Lingkungan
8 Epidemiolog Kesehatan 0 Dirangkap oleh Kasubbag TU
9 Promosi Kesehatan 2 1 PNS + 1 THL
10 Pranata Laboratorium 1 Sesuai Kebutuhan
11 Asisten Apoteker 1 Sesuai Kebutuhan
12 Kepala Puskesmas 1 Sesuai kebutuhan
13 Kasubbag Tata Usaha 1 Sesuai kebutuhan
14 Staf Tata Usaha 3 2 PNS + 1 THL
15 Sopir 1 Sesuai kebutuhan
16 Pendaftaran dan rekam medik 2 Bukan tenaga D-III RM
17 Petugas Kebersihan 2 THL
SARANA DAN PRASARANA
NO NAMA RUANGAN KETERANGAN
1 Ruang Tunggu Ada
2 Ruang Pendaftaran dan Kasir Ada
3 Ruang Rekam Medik Ada
4 Ruangan Lansia Ada
5 Ruangan Pemeriksaan Umum Ada
6 Ruangan IGD Ada
7 Ruangan Bersalin Ada
8 Ruangan Pemeriksaan Gigi Ada
9 Ruang Farmasi Ada
10 Ruangan MTBS Ada
11 Ruangan KIA/KB dan IVA Ada
12 Laboratorium Ada
13 Klinik TB dan Kusta Ada
14 Klinik Gizi Ada
15 Klinik Promkes Ada
16 Klinik KT HIV Ada
17 Klinik Sanitasi Ada
18 Ruangan Imunisasi Ada
19 Ruangan Akreditasi Ada
20 Ruang Kasubbag Tata Usaha Ada
21 Ruang Kepala Puskesmas Ada
22 Ruang Administrasi Ada
23 Ruang Aula Ada
24 Gudang Farmasi Ada
25 Gudang Umum Ada
26 Dapur Ada
27 Kamar mandi / WC Pasien Ada
28 Kamar Mandi / WC Karyawan Ada
29 Ruang Parkir Ada
30 Garasi Kendaraan Roda 4 Ada
VISI, MISI, TUJUAN DAN TATA NILAI PUSKESMAS
VISI
Visi Puskesmas Karanggayam I Menjadi pusat pelayanan kesehatan dasar yang bermutu, maju serta berorientasi kepada pelanggan dalam segala aspek pelayanan
MISI
Dalam upaya mencapai visi Puskesmas Karanggayam 1 perlu menyusun misi yang terdiri dari:
1. Menyelenggarakan pelayanan kesehatan paripurna dan bermutu
2. Meningkatkan profesionalisme sumberdaya manusia dalam pelaksanaan kesehatan
3. Meningkatkan pembinaan peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan sehingga masyarakat bisa mandiri.
4. Menjalin kemitraan dengan semua pihak yang terkait dalam pelayanan kesehatan dan menjadikan puskesmas sebagai pusat pengembangan kesehatan masyarakat.
TUJUAN
Tujuan utama Puskesmas Karanggayam I yaitu Meningkatkan kesadaran,kemauan dan kemampuan hidup serta memberikan pelayanan kesehatan prima bagi masyarakat
TATA NILAI
Tata nilai Puskesmas Karanggayam I adalah :
Cekatan : Memberikan pelayanan dengan cepat dan tidak menunda
Ikhlas : Memberikan pelayanan dengan se tulus hati
Nyaman : Memberikan rasa nyaman kepada pasien
Tepat : Pelayanan dilakukan sesuai standar yang ada
Aman : Pelayanan yang diberikan tidak membahayakan pasien dan petugas
Komentar
Posting Komentar